Indonesia | English
  • Jurnal Filsafat Areté
    Last updated 26-03-2012
    Written by admin  

    Fakultas Filsafat UNIKA Widya Mandala Surabaya

     

    Volume 01- Nomor 01 – Februari 2012

    ISSN: 2089-7804

    Silahkan download di link ini: Jurnal Filsafat


     

                  Kata Areté dalam bahasa Yunani yang berarti excellence, diinspirasikan dari filsafat Plato. Dalam bahasa Indonesia, Areté merujuk pada kata keutamaan. Manusia yang bisa meraih excellence dalam hidupnya adalah manusia yang mampu menjadi manusia utama. Sejauh pemikiran filosofis Plato, menjadi manusia utama adalah bagian dari olah jiwa, terutama dengan kemampuan rasio manusia, agar dengan demikian manusia mencapai kebahagiaan.

                  Jurnal ilmiah ini mengambil nama Areté. Sesuai dengan arti yang dimaksudkan oleh kata tersebut, jurnal ini diharapkan menjadi sarana bagi para pembaca maupun penulisnya untuk proses olah jiwa dan olah pikir agar menjadi manusia yang utama, yang bijaksana. Visi jurnal ini adalah mengembangkan manusia- manusia yang berkehendak baik untuk mengejar dan meraih kebijaksanaan di dalam hidupnya melalui keberanian untuk mengolah jiwa dan daya pikirnya, untuk lebih jauh merefleksikan gerak kehidupan riil. Kemauan menjadi manusia utama melalui olah jiwa dan refleksi akal budi merupakan suatu keberanian dalam dunia modern ini karena kehidupan modern acapkali “jatuh dalam hiruk-pikuk doxa( opinion)“ dan cenderung hanya berkutat pada kedangkalan yang semu. Dalam tradisi filsafat Plato, dunia ini memang hanyalah semu semata. Yang sejati adalah Idea Yang Baik, darimana segala yang maya atau semu di dunia ini menemukan sumber kesejatiannya.

                  Jurnal Areté ini mencita-citakan diri sebagai komunitas orang-orang yang “berani” semacam itu. Yakni, komunitas orang-orang yang mau belajar, mengolah jiwa dan kemampuan akal budinya, yang mau melihat, memahami, dan menyikapi dunia ini dengan lebih jernih dan cerdas, karena sadar bahwa setiap orang di muka bumi ini adalah pembelajar. Boleh dikata, semangat dari jurnal ini adalah self-ongoingformation, pembinaan dan pembelajaran diri yang terus-menerus karena dilandasi oleh keinginan untuk menjadi manusia utama.

                  Jurnal ini masih baru dimulai. Sebagai sesuatu yang masih baru dirintis, ada banyak kemungkinan yang bisa dikembangkan. Saat awal itu penting untuk meletakkan pondasi ide, visi, dan orientasi demi sesuatu yang mau diraih jauh ke depan. Sesuatu yang baru dengan semangat baru biasanya diiringi oleh antusiasme yang positif. Antusiasme inilah yang layak dijaga untuk tetap bertahan agar inspirasi-inspirasi tetap tumbuh dengan subur, untuk menjaga dan meningkatkan semangat serta produktivitas dalam menulis dan berkarya.

                  Antusiasme yang positif untuk bertumbuh dan berkembang di dalam diri orang-orang yang bekerja untuk jurnal ini diharapkan menghasilkan kontribusi yang positif dari Fakultas Filsafat Widya Mandala, Surabaya, bagi pemikiran- pemikiran filosofis di Indonesia yang secara jujur dan setia melihat, memahami, dan menilai realitas sosial di tanah air dengan kritis dan cerdas.

                  Dalam edisi perdana ini, kami mengetengahkan fenomenologi sebagai bahan kajian untuk diangkat sebagai perspektif dalam menyoroti pelbagai soal di sekitar kita. Fenomenologi sebagai gerakan dalam sejarah filsafat selama abad 20 telah memberi warna sejarah pemikiran manusia, yakni sejarah bagaimana manusia memandang, merefleksikan, dan menilai dunianya, dirinya, dan Sang Penciptanya.

     

    Selamat berkarya!

     

    Daftar Isi:

    VOLUME 1 – NOMOR 1 – JANUARI 2012

    Areté

    JURNAL FILSAFAT DAFTAR ISI

    EDITORIAL

    Oleh: Emanuel Prasetyono ............................................................................................ iii

     

    BERTEMU DENGAN REALITAS:

    BELAJAR DARI FENOMENOLOGI HUSSERL

    Oleh: Emanuel Prasetyono ............................................................................................ 1

     

    FENOMENOLOGI AGAMA

    MENUJU PENGHAYATAN AGAMA YANG DEWASA

    Oleh: Pius Pandor ......................................................................................................... 10

     

    ANTROPOLOGI PENDIDIKAN HEIDEGGERIAN

    DAN SUMBANGANNYA BAGI PRAKSIS PENDIDIKAN KITA

    Oleh: Doni Koesoema Albertus ..................................................................................... 29

     

    KOMUNITAS POLITIS: FAKTA ATAU HIPOTESA?

    SEBUAH PENDEKATAN FENOMENOLOGI POLITIS

    Oleh: Reza A.A Wattimena ........................................................................................... 42

     

    RESENSI BUKU 1

    Oleh: Aloysius Widyawan ............................................................................................. 63

     

    RESENSI BUKU 2

    Oleh: Aloysius Widyawan ............................................................................................. 66